Kitab Tanpa Judul

Dalam sebuah kitab, judul sebagaimana yang kita ketahui ia menempati posisi yang cukup penting, karena judul bertugas memberi gambaran umum isi sebuah kitab.

Namun, ada beberapa kitab yang tak diberi judul oleh penulisnya. Meskipun begitu, bukan berarti kitab-kitab tersebut tak layak baca. Bahkan, kalau boleh dibilang, kitab-kitab tersebut punya keistimewaan yang tak dimiliki kitab-kitab lain pada umumnya. 

Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Ar Risalah

◾Kitab satu ini tentu tak asing lagi dikalangan penuntut ilmu, sebuah kitab yang menjadi salah satu karya monumental Imam As-Syafi'iرحمه الله kitab ini berisi permasalahan-permasalahan ilmu Ushul fiqh, yang dengan di tulisnya kitab ini beliau dinobatkatkan sebagai peletak batu pertama ilmu Ushul fiqh. Kitab ini menunjukkan betapa istimewanya As Syafi'i, sampai-sampai Abdurrahman bin Mahdi berkata setelah membaca kitab ini:

(ما ظننت أن الله خلق مثل هذا الرجل)

"aku tak pernah menyangka Allah pernah menciptakan orang saperti laki-laki ini" 

sebuah pujian yang menunjukkan betapa agungnya kitab tak berjudul ini.

Dan beliau Imam Abdurrahman bin Mahdi yang menjadi perantara atau sebab tertulisnya kitab Ar Risalah, yang mana beliau pernah mengirim surat (risalah) kepada Imam Asy-Syafi'i dan beliau menjawab permintaan tersebut. 

2.  Ad-daa' Wad dawaa'

◾Selain As-syafi'i,Ibnul Qoyyim pun pernah menulis kitab tanpa judul dalam permasalahan tazkiyatun nufus, kitab itu yang masyhur dengan nama Ad-daa' Wad dawaa'

◾Syaikh Ali hasan dalam tahqiq beliau terhadap kitab ini, menjelaskan bahwa Ibnul qayyim tak pernah memberi judul apapun untuk kitabnya ini, oleh karena itu dalam sebagian cetakan kitab ini di beri judul Al-jawabul Kafi liman saala 'an dawa'isy syafi. 

3. Al Kitab

◾Dalam dunia Nahwu kita memang tak pernah bisa melupakan jasa ulama ternama Abu bisyr Amr bin Utsman bin Qanbar Al-bashri atau yang lebih kita kenal dengan nama Sibawaih, di karenakan besarnya sumbangsih beliau dalam ilmu ini. Salah satunya adalah kitab tata bahasa arab yang beliau tulis dalam 4 jilid, dan uniknya kitab ini tak diberi judul apapun oleh beliau. Kitab inilah yang sekarang kita kenal dengan judul al kitab, saking istimewanya kitab ini sampai-sampai dijuluki dengan Qur'anun Nahwi (Qur'annya Ilmu Nahwu)

🕯Itulah 3 kitab yang sangat istimewa dalam bidangnya meskipun tanpa judul,dan kita memohon kepada Allah,agar diberi kemudahan untuk mengikuti langkah mereka dalam berkarya, Aamiin.

وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين والحمد لله رب العالمين

𝑫𝒊𝒕𝒖𝒍𝒊𝒔 𝒐𝒍𝒆𝒉 : 𝑻𝒆𝒏𝒈𝒌𝒖 𝑼𝒓𝒘𝒂𝒕𝒖𝒍 𝑾𝒖𝒔𝒒𝒐

0 Komentar