Diantara nikmat Allah yang paling agung yang Allah karuniakan kepada kita para hamba-Nya adalah Allah mengutus kepada kita seorang Rasul. Allah berfirman:

 (وَمَاۤ أَرۡسَلۡنَـٰكَ إِلَّا كَاۤفَّةࣰ لِّلنَّاسِ بَشِیرࣰا وَنَذِیرࣰا وَلَـٰكِنَّ أَكۡثَرَ ٱلنَّاسِ لَا یَعۡلَمُونَ)

" Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." [Surat Saba' 28] 

Dan dalam hadits yang shohih disebutkan bahwa Rasulullah di utus adalah untuk menyempurnakan akhlaq yang baik. Rasulullah bersabda : 

( إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق) 

"Sesungguhnya diutusnya aku untuk menyempurnakan akhlak yang baik. "

Hal ini menunjukan akan agungnya masalah akhlaq. Perhatikanlah dalam sabda beliau tersebut, Rasulullah menyatakan bahwa beliau tidaklah diutus melainkan hanya untuk menyempurnakan akhlaq yang baik. Dalam artian bahwa agama ini seluruhnya adalah tentang akhlaq. Bukankah akhlaq itu mencakup akhlaq kita kepada makhluq dan juga akhlaq kita kepada Allah??

Nah kalimat akhlaq yang sering kita dengar itu maksudnya adalah akhlaq kita kepada sesama makhluq, lantas sekarang apa yang dimaksud dengan akhlaq kepada Allah?? Ya, Akhlaq kepada Allah yakni semua yang menyangkut hubungan antara hamba dengan Allah, bagaimana cara yang benar dalam bermuamalah kepada Allah, maka ini mencakup masalah tauhid, masalah ibadah yang hal itu terkumpul dalam masalah fiqh dan semua yang mencakup hubungan makhluq dengan Allah. Maka kita tahu pada hakikatnya agama itu intinya adalah di akhlaq dan Allah dan Rasulnya sangat menganjurkan kepada kita untuk berakhlaq yang baik, dan diantara keutamaan akhlaq yang baik adalah :


  • Orang yang memiliki akhaq yang baik adalah org yang paling baik. Rasulullah bersabda :

( إِنَّ مِنْ خِيَارِكُمْ أَحْسَنُهُم أخْلَاقًا ) 

"Sesungguhnya orang yang paling baik diantara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. " [HR. Bukhari : 3559]

bagaimana tidak, orang yang memiliki akhlaq yang baik maka ia akan mempergauli manusia dgn cara yang paling bagus demikian juga dalam hubungannya dengan Allah,sebagaimana yang telah disebutkan bahwa akhlaq mencakup hubungan dia dengan Alloh dan dengan makhluknya.

Akan bisa menyamai derajat orang yg berpuasa dan shalat malam.rasulullah bersabda :

ِإِنَّ المُؤْمِنَ لِيُدْرِكَ بِحُسْنِ خُلُقِهِ دَرَجَةَ الصَّائِمِ القَائِم

" Sesungguhnya orang mukmin dengan akhlaq yang baik makan dia bisa meraih derajat orang yang berpuasa dan orang yang sholat. " [HR. Abu Dawud : 4798]

• Orang yang memiliki akhlaq yang mulia akan di bangunkan baginya rumah di bagian atas surga. 

Rasulullah bersabda :

 أَنَا زَعِيْمٌ بِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ المراء وإن كان محقا وأنا زعيم ببيت في ربض الجنة لمن ترك الكذب وإن كان في المزاح وزعيم ببيت في أعلى الجنة لمن حسن خلقه.

Dan masih banyak lagi keutamaan dari memilik akhlaq yang mulia, maka cukuplah hal diatas menjadi pendorong bagi kita untuk berusaha memiliki akhlaq yang baik. 

Wallohu a'lam bis showab

0 Komentar