Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sebuah kitab hadits yang agung lagi mulia, yang mana banyak dari para ulama yang mensyarah atau memberikan penjelasan terhadap kitab beliau, baik dari kalangan ulama mutaqoddimin ataupun mutaakhirin. 

Kitab tersebut diberi nama oleh penulisnya yaitu Imam an-Nawawi dengan Al arbaun fi Mabanil Islam wa Qowaidil Ahkam atau masyhur dengan Arbain An nawawi . 

Dan kitab beliau telah diterima oleh umat islam dari setiap kalangan dengan sebaik-baik penerimaan. Dan para ulama menyebutkan diantara sebab mudahnya kitab beliau diterima adalah keikhlasan beliau dalam menulis sebuah kitab. 

Berkata Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin : "wallohu a'lam, Imam an-Nawawi termasuk orang yang paling ikhlas dalam menulis sebuah buku atau kitab, hal itu ditunjukkan dengan tidak ada satupun masjid atau majlis melainkan di dalamnya dikaji kitab Riyadhus Sholihin ataupun Arbain An nawawi. "

Bisa kita ambil faedah :
- Termasuk tanda Ikhlasnya seseorang menulis sebuah kitab adalah kitab tersebut mudah diterima oleh manusia di setiap kalangannya. 

Biografi Imam An Nawawi

Beliau adalah Yahya bin Syaraf bin Hasan bin Husain An-Nawawi Ad-Dimasyqiy, Abu Zakaria. Beliau dilahirkan pada bulan Muharram tahun 631 H di Nawa, sebuah kampung di daerah Dimasyq (Damascus) yang sekarang merupakan ibukota Suriah. Beliau dididik oleh ayah beliau yang terkenal dengan kesalehan dan ketakwaan. Beliau mulai belajar di katatib (tempat belajar baca tulis untuk anak-anak) dan hafal Al-Quran sebelum menginjak usia baligh.

Kemudian beliau  datang ke Damaskus pada tahun 649 H dan menetap disana untuk menimba ilmu di Madrasah Ar rawahiyah, dan dikatakan beliau menghadiri 12 halaqoh ilmu setiap harinya. 

Guru-guru beliau

Beliau menimba ilmu dari para masyayikh, dan diantara guru beliau :
- Orang tua beliau sendiri
- Abul faraj Abdurrahman bin Abi Umar
- Muhammad bin Ahmad Al maqdisi
- Abdul Karim bin Abdus Shomad
- Abu Muhammad Abdul Aziz bin Abdullah
- dan masih banyak lagi. 

Beliau senantiasa sibuk dengan kegiatan menyebarkan ilmu, beribadah, berpuasa, menulis dan yang lainnya. Beliau wafat pada tahun 676 H. Umur beliau hanya 45 tahun namun beliau banyak mewariskan karya-karya agung dan amat banyak. 

Sebab penulisan

1. Diantara sebab yang mendorong beliau untuk menulis kitab hadits arbain adalah sabda Nabi Muhammad shollahu alaihi wa sallam: 

مَنْ حَفِظَ على أُمَّتِيْ أَربَعِينَ حَدِيثًا من أمر دِينِهِا بَعَثَهُ اللَّهُ يوم القيامة في زمرة الفقهاء و العُلَمَاء

Barangsiapa yang menghafal 40 hadits dari perkara agamanya maka Alloh Akan bangkitkan dia pada hari kiamat di kelompok fuqoha (ahli fiqh) dan ulama. 

Akan terapi para ulama sepakat akan kedhoifan hadits tersebut, dan hadits tersebut bukan menjadi dorongan utama beliau dalam menulis Arbain sebagaimana yang beliau katakan di dalam muqoddimahnya, akan tetapi sebuah hadits yang mana Rosulullah bersabda :

لِيُبَلِّغ الشَّاهِدُ منكم الغَائِبَ
"Hendaknya yang hadir diantara kalian menyampaikan kepada yang tidak hadir" 

Dan sabda beliau : 

نضَّر الله امرءاً سَمِع مقالتي فوَعَاها وحَفِظها وبَلَّغها

"Semoga Allah mencerahkan wajah seseorang yang mendengarkan sabdaku kemudian memahaminya lalu menghafalnya dan menyampaikannya. "

2. Karya-karya para ulama sebelum beliau, banyak diantara mereka yang membuat rangkuman atau kumpulan 40 hadits tentang masalah dasar-dasar agama ataupun cabangnya atau suatu permasalahan dalam bab tertentu, misal 40 hadits dalam bab akhlaq, zuhud, puasa ataupun yang lainya, oleh karenanya terkenal dengan sebutan "Arbain"( kitab yang didalamnya mencakup 40 hadits) , jadi Imam An Nawawi bukan yang pertama dan bukan satu-satunya yang menulis kitab Arbain. 

Diantara mereka yang pertama memulai menulis kitab " Arbain" (yang didalamnya terdapat 40 hadits) adalah : 
1. Abdullah bin Mubarok
2. Muhammad bin Aslan at-Thusi
3. Hasan bin Sufyan an Nawawi
4. Abu Bakr al Ajurry
5. Ad Daruqutni
6. Al Hakim 
7. Abu Abdurrahman as Sulami
8. Abu Sa'd Al Maliny
9. Abu Utsman as Shobuni
10. Muhammad bin Ibrahim Al Asfahani

Dan lain-lain hingga puluhan kitab, sehingga terkenalah dengan sebutan "Al Arbainaat" Kitab-kitab yang didalamnya membahas sesuatu tentang agama islam dan jumlahnya 40 hadits, untuk membedakan kitab beliau dengan yang lainnya maka disebutlah"Arbain An Nawawi"  

Metode Beliau Dalam Menulis

Berkata Syaikh Sholih Al Ushoimi : " Metode beliau dalam menulis hadits kembali kepada 7 perkara:

1. Bahwasanya kitab tersebut mencakup kurang lebih 40 hadits. 

2. Bahwasanya 40 hadits tersebut mencakup seluruh permasalahan dasar-dasar agama Islam dan cabangnya. 

3. Setiap haditsnya menjadi suatu kaidah penting dalam agama islam. 

4. Beliau berusaha semaksimal agar seluruh hadits-hadits tersebut shohih, meskipun ada sebagian hadits yang di dhoifkan para ulama. 

5. Sebagian besar hadits-hadits tersebut terdapat di shohih bukhari maupun muslim, dan jumlah nya sekitar 29 hadits. 

6. Beliau membuang sanadnya, supaya mudah dihafalkan. 

7. Beliau juga mengiringinya dengan sebuah bab yang menjelaskan lafadz-lafadz yang asing yang ada dalam hadits. "

Perhatian Para Ulama Terhadap Kitab Beliau

Para ulama sangat perhatian dengan kitab beliau, salah satu caranya yaitu dengan mensyarah atau menjelaskan isi dari hadits-hadits tersebut, diantaranya adalah :

1. Syarhul Arbain An Nawawiyah, Ditulis oleh Abul Abbas Ahmad bin Farh bin Ahmad Al isybili Asy Syafi'i yang wafat pada tahun 699 H. 

2. Syarhul Arbain An Nawawiyah fi Ahaditsi As Shohihah, Ditulis oleh Muhammad bin Ali bin Abil Atho' Al qusyairi yang masyhur dengan Ibnu Daqiq, beliau wafat pada tahun 702 H. 

3. At Ta'yin fi Syarhil Arbain, Ditulis oleh Najmuddin Sulaiman bin Abdil Qodir bin Abdil Karim at-Thusi, beliau wafat pada tahun 716 H. 

4. Al manhaj Al mubiin fi Syarhil Arbain, Ditulis oleh Imam Umar bin Ali bin Salim al lakhmi, beliau wafat pada tahun 731 H. 

5. Umdah At Tholibin fi Syarhil Arbain, Ditulis oleh Abul Hasan Alauddin Ali bin Muhammad bin Ibrahim bin Umar bin Kholil, beliau wafat pada tahun 741 H. 

6. Jami'ul Ulum wal Hikam fi Syarhi Khomsiina  haditsan min Jawami'il Kalim, Ditulis oleh Ibnu Rojab. 

7. Syarhul Arbain An Nawawi, Ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin, beliau wafat pada tahun 1421 H tanggal 15 dari bulan syawal di hari rabu. 

8. Al minhah Ar Robbaniyah fi Syarhil Arbain An Nawawiyah, Ditulis oleh Dr. Sholih bin Fauzan bin Abdullah Al fauzan. 

9. Ar Riyadh Az Zakiyyah fi Syarhil Arbain An Nawawiyah, Ditulis oleh Dr. Abdul Karim bin Abdillah Al Khudhoir. 

10. Syarhul Arbain An Nawawiyah Al Mukhtashor, Ditulis oleh Dr. Sa'd bin Naashir Asy Tsasri. 

Semoga Alloh merahmati dan menjaga mereka semua. Aamiin

Mengapa Dimulai Dari Hadits Arbain?? 

Ada beberapa alasan mengapa kita memulai dari hadits arbain, diantaranya : 
1. Mencakup semua urusan agama islam. 
2. Kumpulan hadits-hadits Nabi dan merupakan jawami'ul Kalim (perkataan yang ringkas, mudah dipahami, dan luas maknanya). 
3. Banyak di syarah oleh para ulama. 

Oleh karena itu selayaknya bagi kita untuk menghafalnya, mempelajarinya dan mengamalkannya, oleh karenanya kita berdoa kepada Alloh untuk memudahkan kita semua dalam melakukannya dan menjadikan kita termasuk orang-orang yang berbuat baik. 


𝑹𝒆𝒇𝒆𝒓𝒆𝒏𝒔𝒊 : 
1. Syarhul Arbain An Nawawiyah - Muhammad bin Sholih Al Utsaimin. Hal 8
2. Syarhul Arbain - Ibnu Daqiq hal. 22
3. Ilmu Arbainaat wal Arbain An Nawawiyah - Abu Muadz  Dhofir bin Hasan. Hal 22-34
4. Al Arbain Al haditsiyyah - Dr. Ziyad Abdul Wahab Auzan. Hal 12-14
5. Ta'liqot ala kitaabil Arbain fi Mabanil Islam wa Qowaidil Ahkam - Syaikh Sholih Al Ushoimi. Hal 3-7
6. ar.islamway.net- biogragi Imam anNawawi


2 Komentar