Ya, semua dari kita pasti tau akan pentingnya belajar, menambah wawasan, memperkaya akan ilmu pengetahuan (umum) . Tapi tidak sedikit dari kita tidak tau akan keutamaan menuntut ilmu, ilmu disini yang kita maksud bukanlah ilmu umum melainkan ilmu syar'i. 
- Ilmu yang akan menjadikan pemiliknya semakin dekat dengan Robnya dan semakin takut kepada-Nya, bukankah Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam al-quran :

 { إنما يخشى الله من عباده العلماء}

"Sesungguhnya yang takut kepada Alloh hanyalah para ulama" (Surat fathir:28) 

- ilmu yang akan memperbaiki akhlaq dan sikap
seseorang.  Bukankah Nabi Muhammad diutus untuk memperbaiki akhlaq umat manusia? 
Beliau pernah bersabda:

{إنما بعثت لأتمم مكارم الاخلاق}

"Sesungguhnya diutusnya aku untuk menyempurnakan akhlaq yang sholih"(HR Bukhori dalam kitab beliau adabul mufrod hal. 273) 

- ilmu yang akan menjadikan pemiliknya menjadi orang yang taat kepada kedua orangtuanya, ilmu yang denganya derajat seseorang diangkat oleh Alloh jalla wa azza, bukankah Alloh subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam al-quran :

{يرفع الله الذين آمنوا منكم و الذين أوتوا العلم درجات }

“Alloh akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu"( Al-Mujadilah:11). 

Cukuplah ayat dan hadist diatas sebagai penyemangat dan renungan akan pentingnya belajar ilmu syar'i , ilmu yang mana Allah tidak akan menyia-nyiakan siapapun yang mempelajarinya dengan niat ikhlas mengharap balasan dari-Nya. 

Maka tidak diragukan lagi bahwa ilmu syar'i adalah ilmu yang dengan mempelajarinya maka seseorang akan mendapatkan kebaikan dan keberkahan.


0 Komentar